Contoh Proposal Usaha
Proposal usaha ini dibuat oleh aku, liant, endang dan lintang untuk mnyelesaikan tugas kewirausahaan. Mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca.....terima kasih *mohon commentnya, karena pasti masih banyak kekurangan*
PROPOSAL USAHA KULINER
Nama Usahanya : "BL" Resto (Sensasi makan "Bandeng Lesehan")
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal
wirausaha ini.
Tersusunnya
proposal ini juga tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang terkait.
Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan proposal ini.
Proposal
ini dibuat sebagai persyaratan atau prosedur yang harus dilakukan oleh setiap
pembisnis terutama pemula untuk mendirikan usaha. Hal ini dilakukan agar kami
dapat mengetahui biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan saat mendirikan
usaha, serta mengukur dan mengevaluasi kelemahan maupun kekuatan pesaing.
Dengan
adanya tujuan dan manfaat yang begitu besar, maka proposal ini diajukan sebagai
wujud bahwa kami ingin membuka suatu usaha. Harapan kami semoga proposal ini
dapat diterima sehingga kami dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi
para pengangguran.
Akhir
kata, tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan proposal ini yang masih
jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang
membangun sebagai perbaikan di masa yang akan datang. Serta kami juga berharap
semoga proposal ini dapat bermanfaat.
Depok,
20 November 2012
Penyusun
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Indonesia
kaya akan ragam makanannya yang bervariasi. Setiap daerah memiliki budaya,
kebiasaan, gaya hidup, cita rasa, dan selera yang berbeda pula. Pada setiap kota
atau daerah di Indonesia, mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Misalnya
saja bila kita mengingat pempek pasti hal pertama yang kita ingat adalah pempek
Palembang, demikian juga dengan peuyeum dari Bandung, bakpia patok dari Jogja,
asinan Bogor, tahu Sumedang, telur asin Brebes, gudeg jogja, dan Bandeng presto
Semarang. Di setiap kota terdapat satu atau beberapa makanan khas daerah yang
paling menonjol dan dikenal oleh masyarakat.
Secara
umum kayanya ragam makanan daerah di Indonesia belum diolah secara maksimal,
padahal apabila dikembangkan atau mendapat penanganan yang lebih baik, keanekaragaman
dan banyaknya makanan daerah di Indonesia dapat menjadi salah satu devisa
negara yang berpotensi, misalnya dengan adanya wisata kuliner, dikenalkan ke
luar negeri melalui sarana ekspor impor, pameran makanan daerah dan masih
banyak alternatif cara lainnya.
Maka
dari itu kami berniat untuk lebih memaksimalkan makanan Indonesia. Kami memilih
Bandeng sebagai salah satu brand di
restaurant kami nanti, sebab menurut kami Bandeng itu adalah salah satu jenis
ikan yang mudah di dapat serta mudah untuk dibudidayakan. Bila di Semarang
hanya ada Bandeng presto, maka di restaurant kami nanti akan disediakan
berbagai macam menu olahan dari Bandeng yang dapat menunggah selera makan para
pecinta kuliner.
Selain
dari menunya, kami juga akan memanjakan para konsumen dari segi tempat. “BL” Resto memberi nilai tambah wisata kuliner anda. Selain bukan
hanya unik dalam penyajian menu, keberadaan gubug lesehan dengan view hamparan
kebun teh yang bisa membawa anda ke suasana bernuansa alam. Anda dapat
menikmati sajian makanan, sambil menikmati pemandangan kebun teh tersebut.
Restaurant kami juga sangat cocok untuk reuni, forum pertemuan silaturahmi,
family gathering keluarga besar maupun acara meeting perusahaan anda. Anda
tidak perlu khawatir ketinggalan informasi selama anda berlibur, karena kami
menyediakan hot spot area bagi kebutuhan internet anda. Selain itu, “BL” Resto juga menyuguhkan hiburan
berupa live music atau nonton bareng
saat weekend dan event – event tertentu. Menikmati waktu makan dengan suasana
nyaman dan dengan harga yang relative terjangkau, hanya bisa didapatkan di
sini.
Tujuan
Tujuan
dari “BL” Resto ingin melestarikan
dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama olahan Bandeng agar dapat
dinikmati oleh semua konsumen dan agar makanan olahan Bandeng ini tidak hilang
ditengah persaingan makanan bergaya barat. Selain itu juga, tujuan kami adalah
ingin menjadi restaurant terbaik dari
restaurant yang menyajikan berbagai
makanan olahan Bandeng yang tentunya baik dari segi pelayanan terhadap
konsumen, dari segi penyajian dan juga cita rasa masakan itu sendiri. Serta
ingin menciptakan hubungan yang baik dengan para konsumen kami sehingga
konsumen tetap loyal terhadap “BL” Resto.
Visi
Kami
mempunyai visi yaitu ingin melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia
terutama olahan Bandeng agar dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan dan untuk
melestarikan makanan tersebut agar tidak hilang ditelan modernisasi saat ini.
Misi
Adapun
misi dari “BL” Resto antara lain:
v Mengenal konsumen kami, jadi dalam hal ini keinginan dan kepuasan
dari konsumen menjadi prioritas utama yang harus diwujudkan oleh perusahaan.
v Kami sepenuhnya memegang kendali agar menu yang kami sajikan untuk
pelanggan memiliki rasa yang asli.
v Kami mempunyai strategi untuk mendapatkan pelanggan dan selalu
memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan agar pelanggan tetap setia
untuk datang ke “BL” Resto.
v Mengenal pesaing dari “BL”
Resto sendiri, dengan mengenal pesaing baik dari strategi pemasaran maupun
keunggulan pesaing ini merupakan kunci utama untuk menciptakan sesuatu yang
berbeda dari pesaing baik dari segi produk, pelayanan, suasana tempat, ataupun
yang lainnya sehingga “BL” Resto
mudah untuk diingat oleh konsumen sekaligus menciptakan Brand Image.
v Kami memiliki arah, dalam hal ini berarti pengelola “BL” Resto mengetahui trend pasar sehingga dapat memaksimalkan
untuk memenuhi keinginan konsumen.
v Kami akan selalu melakukan berbagai macam perubahan untuk membuat
inovasi-inovasi yang baru namun tetap konsisten dengan melestarikan berbagai
macam menu “BL” Resto yang jarang
ditemui di restaurant lain.
v Misi yang terakhir adalah kami sangat menikmati semua yang sedang
kami lakukan, dengan perasaan ini akan menimbulkan perasaan senang dan ingin
membahagiakan konsumen yang memang sangat berharga bagi keberlangsungan “BL” Resto.
Gambaran Umum Perusahaan
Usaha
ini merupakan jenis usaha kecil yang
bergerak dibidang kuliner,
tetapi dikhususkan
untuk para penggemar makanan olahan Bandeng. Dan dari segi tempat, kami akan
memanjakan para konsumen dengan keberadaan gubuk lesehan yang memiliki view
hamparan kebun teh dan udara sejuk yang membuat konsumen merasa nyaman dengan
kehadirannya di “BL” Resto.
Manajemen Produk
Jenis Produk yang dijual di restaurant kami adalah makanan tradisional yang
dikhususkan olahan Bandeng sebagai menu utamanya. Yang dilengkapi oleh menu –
menu lain yang juga menggugah selera.
Proses produksi makanan ini adalah dengan digoreng, dibakar dan dibuat masakan
berkuah yang didominasi masakan tradisional Indonesia. Target produksi yang
ditetapkan adalah lebih dari 100 porsi dalam satu hari.
Manajemen SDM
- Struktur Organisasi
- Job Description
Pengelola
/ Owner
a.Melakukan
pengawasan terhadap semua kegiatan operasional.
b.Bertanggung
jawab penuh terhadap semua yang berhubungan dengan restaurant.
c.Menerima
kritik dan saran dari para pelanggan
dan karyawan.
Manager Restaurant
a. Melaksanakan kebijakan
manajemen restaurant.
b. Mengawasi/ mengontrol
seluruh kegiatan operasional perusahaan.
c. Membina, membimbing,
dan memotivasi karyawan-karyawan dalam perusahaan.
d.Memeriksa dan
mengontrol laporan aktifitas sehari-hari perusahaan.
e. Menyusun dan
merencanakan action Plan setiap
bulannya.
f. Membina hubungan baik
dengan Stakeholder ( Investor,
Operator, Karyawan, Customer Restaurant
).
g.Menyusun rencana kerja
( jadwal kerja) sesuai tugas fungsional.
h.Mengevaluasi setiap
kebijakan atau action plan yang telah
ditetapkan.
i.Melaporkan dan
mempertanggung jawabkan aktivitas perusahaan / Monthly Report kepada management Bumbu Desa yang akan dipertanggung
jawabkan kepada Partner/ Investor.
j. Memantau, mengawasi
segala bentuk kegiatan dan administrasi kepersonaliaan dan sumber daya manusia,
baik secara teknis maupun ilmiah dan melaporkannya kepada Pengelola sebagai
tindakan antisipatif / preventif.
k. Tidak segan-segan dalam
mengeluarkan sanksi, baik dengan cara lisan/ peneguran langsung ( secara tegas
), peringatan tertulis ( SP1-SP3) kepada setiap karyawan yang terbukti
melanggar tata tertib, peraturan, hukum dan perundangan yang berlakutermasuk
pemutusan hubungan kerja dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan dari
manager serta melaporkannya ke Pengelola.
Bagian Pengelola
Keuangan
a. Menerima dan memeriksa
transaksi setoran cashier.
b. Mengatur penarikan,
setoran bank atas persetujuan Restaurant
Manager.
c. Membuat daily Cash Flow ( Kas Harian ).
d. Input Data ( transaksi
Bank ) ke sistem ( Myob ) .
e. Membuat laporan Credit Card, City Ledger .
f. Membuat Daily Sales Summary.
g. Input data Sales, Purchase, pengeluaran Petty Cash ke data Myob.
h. Melakukan survey pasar
secara periodic, memantau kerja
kasir.
i. Memeriksa atau
mengontrol proses penerimaan barang dan pembelanjaan.
Bagian
Kasir
a. Beres-beres Cashier.
b. Menerima transaksi
pembayaran.
c. Mengambil dan
menghitung modal.
d. Closing
akhir, hitung modal kembali ( Setoran )
e. Melaporkan hasil semua transaksi
kepada Bagian Pengelola Keuangan
Kepala
Dapur
a. Mengontrol makanan baik
di display maupun yang di produksi.
b. Mengontrol stok makanan
dan menerima stok makanan dari bagian logistik
c. Mampu mengandalikan
biaya produk.
d. Inovatif mengeluarkan
produk-produk baru.
e. Mengontrol Kebersihan
dapur, mengontrol rasa makanan
f. Mengecek makanan yang
keluar dari dapur dengan teliti.
g. Mengecek barang yang
layak atau tidaknya di display.
Juru Masak
a. Menyiapkan dan memasak
pesanan dari konsumen
b. Berkoordinasi dengan
kepala dapur apabila ada produk baru
c. Mengecek ketersediaan
bahan makanan yang akan di masak
d. Menjaga rasa masakan
Bagian Cook Helper
a. Membantu juru masak
untuk mempersiapkan bahan makanan
b. Membantu juru masak
untuk mempersiapkan pesanan pelanggan
c. Menjaga kualitas
makanan
d. Mendisplay makanan
pesanan pelanggan
Bagian
Beverages
a.Cek minuman di display.
b.Menyiapkan minuman
pesanan pelanggan.
c.Order
minuman untuk display.
d.Mengecek ketersediaan
bahan minuman.
Bagian Dish Washer
a.Butcher
ikan-ikan, daging-dagingan serta bahan mentah lainnya.
b.Membersihkan peralatan
dapur, keranjang lalaban.
c.Mempersiapkan tempat
cuci piring dan gelas untuk tamu.
d.Membuang sampah dan
menyusun keranjang.
e.Membersihkan area
dishwasher hingga bersih.
f.Bertanggung jawab atas pembuangan air di area dishwasher.
Bagian Kepala Pelayanan
f.Bertanggung jawab atas pembuangan air di area dishwasher.
Bagian Kepala Pelayanan
a. Melakukan pengawasan
yang menyangkut kepegawaian ( waktu kedatangan, istirahat, dan pulang ) dan
peningkatan sumber daya manusia di lingkungan perusahaan yang sesuai dengan
pedoman dan tata tertib.
b. Menyiapkan bahan untuk
penilaian setiap karyawan ( The Best
Employee ).
c. Memiliki hubungan baik
dengan sumber-sumber ketenagakerjaan dan pelatihan untuk kepentingan
masalah-masalah kepegawaian dan peningkatan sumber daya manusia.
d. Membuat laporan bulanan
absensi, lembur karyawan (situasional), serta mengisi daily check list yang kemudian melaporkannya.
e. Merencanakan dan
melaksanakan pelatihan (training) sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran, atas
persetujuan dari Manager ataupun
keputusan dari ownner.
f. Membuat / mengecek schedule security dan driver, serta
mampu mengawasi kinerjanya.
g. Mengawasi dan
mengendalikan pelaksanaan makan karyawan serta prepared obat-obatan (P3K) bagi karyawan yang sakit.
Bagian
Waitter / Waitress
a.Prepare
lalaban, set up piring, lilin, dan tissue.
b.Cek semua peralatan
makan, lalaban dan sambal.
c.Melayani tamu mulai
mengantar pesanan tamu, order dan clear up.
Bagian Security
a.Control/ patroli ke
area Restaurant per satu ( 1 ) jam
sekali.
b.Mengatur area parkir atau
keluar masuk mobil tamu.
c.Bertanggung jawab
tentang semua yang bersangkutan dengan keamanan di sekitar restaurant.
Bagian
Petugas Kolam
a.Menjaga kebersihan kolan dan pengairan kolam ikan
a.Menjaga kebersihan kolan dan pengairan kolam ikan
b.Menerima pesanan ikan
dari konsumen yang ingin langsung memancing di kolam dan menimbang ikan.
c.Membersihkan ikan
pesanan konsumen dan mengantarkannya ke dapur untuk di masak.
Bagian
House Man
a.Bersih-bersih area
mulai dari :
- Membersihkan, Menyapu
dan pel di dalam area restaurant.
- Membersihkan hiasan dan
dekorasi ruangan
- Mencuci piring dan
penyiapkan peralatan makan.
b.Membantu Waiter :
- Antar dan order
- Merapikan meja.
Bagian Kebersihan
a. Menjaga kebersihan dan mengatur tanaman hias di taman.
b. Menjaga keteraturan alat – alat kebersihan kebersihan.
c. Menjaga kebersihan toilet, membuang sampah dan menjaga kebersihan area luar restaurant.
Bagian
Parkir
Mengatur
parkir mobil – mobil tamu.
Bagian
Logistik
Melakukan pembelian perlengkapan restaurant.
Melakukan pembelian / belanja bahan – bahan makanan.
Melaporkan pengeluaran dan berkoordinasi dengan bagian keuangan.
Melakukan pembelian perlengkapan restaurant.
Melakukan pembelian / belanja bahan – bahan makanan.
Melaporkan pengeluaran dan berkoordinasi dengan bagian keuangan.
Bagian Driver
Membantu
bagian logistik melakukan pengangkutan dan yang berhubungan dengan kegiatan
yang membutuhkan pengangkutan.
Manajemen Pemasaran
·
Segmen Pasar
Mengingat harga bahan baku yang juga relative tidak
murah, maka pasar yang akan menjadi segmentasi “BL” Resto sendiri adalah kalangan menengah dan menengah ke atas
saja.
·
Target Pasar
Pangsa pasar yang menjadi sasaran atau target di “BL” Resto adalah masyarakat sekitar
dan para wisatawan yang berlibur di daerah puncak. Resto kami tidak membatasi
pelanggan dari segi umur, kami melayani semua lapisan usia. Dan bagi anak –
anak yang mungkin kurang menyukai ikan, kami menyediakan menu yang dihias
dengan kreasi atau bentuk – bentuk makanan yang dapat menggugah selera makan
mereka, sehingga mereka menyukai produk olahan Bandeng restaurant kami.
·
Positioning
Usaha ini akan ditempatkan di Jl. Raya Puncak –
Ciawi Bogor, sebab puncak merupakan salah
satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai
daerah. Dengan arsitektur gubuk atau rumah
bambu lesehan yang memiliki view hamparan kebun teh dan udara yang sejuk, sehingga
membuat kesan nyaman untuk tempat berkumpul bersama teman, keluarga, maupun
partner bisnis anda.
·
Target
Produksi
Dalam hal ini, “BL” Resto mempunyai rencana kapasitas dimana kami menentukan
rencana kapasitas berdasarkan jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke
restaurant kami. Pada hari pertama pembukaan, “BL” Resto menargetkan atau merencanakan jumlah pengunjung yang
datang lebih dari 100 orang. Namun setelah hari pertama pembukaan, “BL” Resto akan meningkatkan target
tersebut menjadi minimal 200 - 300 porsi/ hari.
·
Target
Promosi
Promosi merupakan suatu sarana yang sangat penting
dijalakan oleh suatu bidang usaha, tanpa promosi perkembangan usaha tidak akan
berhasil. Promosi juga merupakan suatu sarana untuk menggambarkan keberadaan
usaha tersebut dengan berbagai menu makanan yang ditawarkan. “BL” Resto akan melakukan promosi baik
disekitar lokasi restaurant maupun di daerah lain dengan tujuan agar “BL” Resto dapat dikenal oleh masyarakat luas.
“BL” Resto
juga akan melakukan promosi ke berbagai lokasi dengan cara sebagai berikut: Periklanan
(advertising), yaitu menyebarkan brosur, pemasangan iklan, surat kabar,
internet, dan sebagainya. Serta dengan
memberikan discount pada event tertentu.
Manajemen Keuangan
·
Analisis biaya (per
bulan)
Biaya renovasi
dan setting tempat usaha :
1
|
Gazebo / saung
|
5
|
15.000.000
|
2
|
Kolam
|
2
|
50.000.000
|
3
|
Lain -lain
|
5.000.000
|
|
Total
|
70.000.000
|
Biaya peralatan
yang diperkirakan :
1
|
Komputer
|
2
|
3.500.000
|
7.000.000
|
2
|
Mesin kasir komputer
|
2
|
1.000.000
|
2.000.000
|
3
|
Printer
|
2
|
500.000
|
1.000.000
|
4
|
Kipas angin
|
10
|
150.000
|
1.500.000
|
5
|
Televisi
|
5
|
2.000.000
|
10.000.000
|
6
|
Ac
|
2
|
1.500.000
|
3.000.000
|
7
|
Kulkas
|
3
|
3.000.000
|
9.000.000
|
8
|
Dispenser
|
3
|
150.000
|
450.000
|
9
|
Karpet
|
1.000.000
|
||
10
|
Tatami
|
20
|
500.000
|
10.000.000
|
11
|
Bantal duduk
|
50
|
15.000
|
750.000
|
12
|
Kursi makan
|
20
|
100.000
|
2.000.000
|
13
|
Kompor
|
4
|
600.000
|
2.400.000
|
14
|
Peralatan masak lengkap
|
10.000.000
|
||
15
|
Peralatan makan lengkap
|
5.000.000
|
||
16
|
Peralatan display makanan
|
10.000.000
|
||
17
|
Meja makan
|
3.000.000
|
||
18
|
Meja Kantor
|
4.000.000
|
||
|
Total
|
82.100.000
|
Biaya Gaji
karyawan :
1
|
Manajer
|
3.000.000
|
|
2
|
Bag. Pengelola Keu
|
2.000.000
|
|
3
|
Bag. Kepala Dapur
|
2.000.000
|
|
4
|
Bag. Kepala Pelayanan
|
2.000.000
|
|
5
|
Logistik
|
2.000.000
|
|
6
|
Kasir
|
2
|
3.000.000
|
7
|
juru masak
|
5
|
4.500.000
|
8
|
cook helper
|
3
|
3.000.000
|
9
|
beverages
|
2
|
1.800.000
|
10
|
dish washer
|
800.000
|
|
11
|
waitter/''ess
|
5
|
4.250.000
|
12
|
Security
|
2
|
1.800.000
|
13
|
petugas kolam
|
2
|
1.400.000
|
14
|
Houseman
|
850.000
|
|
15
|
Kebersihan
|
700.000
|
|
16
|
Driver
|
600.000
|
|
17
|
Parkir
|
500.000
|
|
18
|
owner
|
3
|
15.000.000
|
|
Total
|
49.200.000
|
Perkiraan biaya
produksi makanan :
1
|
Bandeng
|
6.000.000
|
2
|
Ayam
|
13.500.000
|
3
|
Kepiting
|
3.750.000
|
4
|
Udang
|
7.500.000
|
5
|
Sayuran + lalapan
|
15.000.000
|
6
|
Ikan mas
|
600.000
|
7
|
Ikan mujair
|
1.050.000
|
8
|
Ikan lele
|
450.000
|
9
|
Ikan nila
|
540.000
|
10
|
Ikan bawal
|
510.000
|
11
|
Bumbu dapur
|
3.000.000
|
12
|
Lain -lain
|
15.000.000
|
Total
|
66.900.000
|
Perkiraan biaya
untuk mengurus Izin usaha :
Jenis Perizinan
|
Biaya (Rp)
|
1. Izin Prinsip (Dari Instasi Teknis)
|
500.000
|
2. SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
|
1.000.000
|
3. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
|
1.000.000
|
4. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
|
500.000
|
5. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
|
1.000.000
|
6. Akte Pendirian
|
500.000
|
Total
|
4.500.000
|
Jadi, Perkiraan
Biaya yang dikeluarkan untuk bulan pertama beroperasi :
1
|
Sewa Tanah dan bangunan
|
60.000.000
|
2
|
Renovasi dan Setting Tempat Usaha
|
70.000.000
|
3
|
Peralatan
|
82.100.000
|
4
|
Kendaraan
|
120.000.000
|
5
|
Gaji Karyawan
|
49.200.000
|
6
|
Biaya produksi makanan
|
66.900.000
|
7
|
Biaya perawatan
|
2.000.000
|
8
|
Biaya kebersihan
|
1.000.000
|
9
|
Listrik dan air
|
3.000.000
|
10
|
Telepon
|
1.000.000
|
11
|
Promosi, banner, pamflet
|
5.000.000
|
12
|
Izin usaha
|
4.500.000
|
13
|
Lain - lain
|
5.000.000
|
Total
|
469.700.000
|
·
Sumber Keuangan
Permodalan Awal
Pinjaman dari
bank Rp
300.000.000
Pinjaman dari
pihak non bank Rp
100.000.000
Modal sendiri
Patungan 3 orang (@ Rp 25.000.000) Rp 75.000.000 +
Total.......................................................................... Rp
475.000.000
·
Proyeksi
Keuntungan
Untuk bulan
selanjutnya hanya di perkirakan biaya yang di keluarkan :
Tetap
|
Variabel
|
|
Sewa Tanah dan bangunan
|
60.000.000
|
-
|
Gaji Karyawan
|
-
|
49.200.000
|
Biaya produksi makanan
|
-
|
66.900.000
|
Biaya perawatan
|
2.000.000
|
-
|
Biaya kebersihan
|
-
|
1.000.000
|
Listrik dan air
|
-
|
3.000.000
|
Telepon
|
-
|
1.000.000
|
Lain - lain
|
5.000.000
|
-
|
Total
|
67.000.000
|
121.100.000
|
Dengan harga
jual / porsi Rp 75.000
Perkiraan dapat balik modal jika
diperkirakan 1 hari dapat menjual 100 porsi makanan
Sisa modal = Rp 5.300.000
Pendapatan 1 bulan = 30 x 100 x Rp 75.000 =
Rp 225.000.000
Biaya bulan ke – 1 = Rp 469.700.000 -
– Rp 239.400.000
Pendapatan Bulan ke – 2 =
Rp 225.000.000
– Rp
14.400.000
Biaya bulan ke – 2 = Rp 188.100.000
-
–
Rp 202.500.000
Pendapatan Bulan ke – 3 = Rp 225.000.000
-
Rp
22.500.000
Biaya bulan ke – 3 Rp 188.100.000 -
–
Rp 165.000.000
Pendapatan Bulan ke – 4 Rp 225.000.000
Rp
60.000.000
Biaya bulan ke – 4 (Rp 188.100.000)
– Rp 128.100.000
Pendapatan ke – 5 Rp 225.000.000
Rp
96.900.000
Biaya bulan ke – 5 Rp 128.100.000 -
– Rp
31.200.000
Pendapatan bulan ke – 6 Rp 225.000.000
Rp 193.800.000
Biaya bulan ke – 6 Rp 128.100.000 -
Rp
65.700.000
Jadi , usaha
ini diperkirakan sudah dapat balik modal dan mendapatkan keuntungan di bulan ke
– 6 dengan estimasi biaya dan pendapatan tetap sama.
Komentar