Contoh Proposal Usaha

Proposal usaha ini dibuat oleh aku, liant, endang dan lintang untuk mnyelesaikan tugas kewirausahaan. Mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca.....terima kasih *mohon commentnya, karena pasti masih banyak kekurangan*

PROPOSAL USAHA KULINER

Nama Usahanya : "BL" Resto (Sensasi makan "Bandeng Lesehan")

KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal wirausaha ini.
Tersusunnya proposal ini juga tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang terkait. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini.
Proposal ini dibuat sebagai persyaratan atau prosedur yang harus dilakukan oleh setiap pembisnis terutama pemula untuk mendirikan usaha. Hal ini dilakukan agar kami dapat mengetahui biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan saat mendirikan usaha, serta mengukur dan mengevaluasi kelemahan maupun kekuatan pesaing.
Dengan adanya tujuan dan manfaat yang begitu besar, maka proposal ini diajukan sebagai wujud bahwa kami ingin membuka suatu usaha. Harapan kami semoga proposal ini dapat diterima sehingga kami dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi para pengangguran.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan proposal ini yang masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun sebagai perbaikan di masa yang akan datang. Serta kami juga berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat.
Depok,   20 November 2012
                                                                                               Penyusun

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Indonesia kaya akan ragam makanannya yang bervariasi. Setiap daerah memiliki budaya, kebiasaan, gaya hidup, cita rasa, dan selera yang berbeda pula. Pada setiap kota atau daerah di Indonesia, mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Misalnya saja bila kita mengingat pempek pasti hal pertama yang kita ingat adalah pempek Palembang, demikian juga dengan peuyeum dari Bandung, bakpia patok dari Jogja, asinan Bogor, tahu Sumedang, telur asin Brebes, gudeg jogja, dan Bandeng presto Semarang. Di setiap kota terdapat satu atau beberapa makanan khas daerah yang paling menonjol dan dikenal oleh masyarakat.
Secara umum kayanya ragam makanan daerah di Indonesia belum diolah secara maksimal, padahal apabila dikembangkan atau mendapat penanganan yang lebih baik, keanekaragaman dan banyaknya makanan daerah di Indonesia dapat menjadi salah satu devisa negara yang berpotensi, misalnya dengan adanya wisata kuliner, dikenalkan ke luar negeri melalui sarana ekspor impor, pameran makanan daerah dan masih banyak alternatif cara lainnya.
Maka dari itu kami berniat untuk lebih memaksimalkan makanan Indonesia. Kami memilih Bandeng sebagai salah satu brand di restaurant kami nanti, sebab menurut kami Bandeng itu adalah salah satu jenis ikan yang mudah di dapat serta mudah untuk dibudidayakan. Bila di Semarang hanya ada Bandeng presto, maka di restaurant kami nanti akan disediakan berbagai macam menu olahan dari Bandeng yang dapat menunggah selera makan para pecinta kuliner.
Selain dari menunya, kami juga akan memanjakan para konsumen dari segi tempat. “BL” Resto memberi nilai tambah wisata kuliner anda. Selain bukan hanya unik dalam penyajian menu, keberadaan gubug lesehan dengan view hamparan kebun teh yang bisa membawa anda ke suasana bernuansa alam. Anda dapat menikmati sajian makanan, sambil menikmati pemandangan kebun teh tersebut. Restaurant kami juga sangat cocok untuk reuni, forum pertemuan silaturahmi, family gathering keluarga besar maupun acara meeting perusahaan anda. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan informasi selama anda berlibur, karena kami menyediakan hot spot area bagi kebutuhan internet anda. Selain itu, “BL” Resto juga menyuguhkan hiburan berupa live music atau nonton bareng saat weekend dan event – event tertentu. Menikmati waktu makan dengan suasana nyaman dan dengan harga yang relative terjangkau, hanya bisa didapatkan di sini. 
Tujuan
Tujuan dari “BL” Resto ingin melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama olahan Bandeng agar dapat dinikmati oleh semua konsumen dan agar makanan olahan Bandeng ini tidak hilang ditengah persaingan makanan bergaya barat. Selain itu juga, tujuan kami adalah ingin menjadi restaurant terbaik dari restaurant yang menyajikan berbagai makanan olahan Bandeng yang tentunya baik dari segi pelayanan terhadap konsumen, dari segi penyajian dan juga cita rasa masakan itu sendiri. Serta ingin menciptakan hubungan yang baik dengan para konsumen kami sehingga konsumen tetap loyal terhadap “BL” Resto.
Visi
Kami mempunyai visi yaitu ingin melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama olahan Bandeng agar dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan dan untuk melestarikan makanan tersebut agar tidak hilang ditelan modernisasi saat ini.
Misi
Adapun misi dari “BL” Resto antara lain:
v   Mengenal konsumen kami, jadi dalam hal ini keinginan dan kepuasan dari konsumen menjadi prioritas utama yang harus diwujudkan oleh perusahaan.
v   Kami sepenuhnya memegang kendali agar menu yang kami sajikan untuk pelanggan memiliki rasa yang asli.
v   Kami mempunyai strategi untuk mendapatkan pelanggan dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan agar pelanggan tetap setia untuk datang ke “BL” Resto.
v   Mengenal pesaing dari “BL” Resto sendiri, dengan mengenal pesaing baik dari strategi pemasaran maupun keunggulan pesaing ini merupakan kunci utama untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari pesaing baik dari segi produk, pelayanan, suasana tempat, ataupun yang lainnya sehingga “BL” Resto mudah untuk diingat oleh konsumen sekaligus menciptakan Brand Image.
v   Kami memiliki arah, dalam hal ini berarti pengelola “BL” Resto mengetahui trend pasar sehingga dapat memaksimalkan untuk memenuhi keinginan konsumen.
v   Kami akan selalu melakukan berbagai macam perubahan untuk membuat inovasi-inovasi yang baru namun tetap konsisten dengan melestarikan berbagai macam menu “BL” Resto yang jarang ditemui di restaurant lain.
v   Misi yang terakhir adalah kami sangat menikmati semua yang sedang kami lakukan, dengan perasaan ini akan menimbulkan perasaan senang dan ingin membahagiakan konsumen yang memang sangat berharga bagi keberlangsungan “BL” Resto.

Tentang Usaha Kami
Gambaran Umum Perusahaan
Usaha ini merupakan jenis usaha kecil yang bergerak dibidang kuliner, tetapi dikhususkan untuk para penggemar makanan olahan Bandeng. Dan dari segi tempat, kami akan memanjakan para konsumen dengan keberadaan gubuk lesehan yang memiliki view hamparan kebun teh dan udara sejuk yang membuat konsumen merasa nyaman dengan kehadirannya di “BL” Resto.

Manajemen Produk
Jenis Produk yang dijual di restaurant kami adalah makanan tradisional yang dikhususkan olahan Bandeng sebagai menu utamanya. Yang dilengkapi oleh menu – menu lain yang juga  menggugah selera. Proses produksi makanan ini adalah dengan digoreng, dibakar dan dibuat masakan berkuah yang didominasi masakan tradisional Indonesia. Target produksi yang ditetapkan adalah lebih dari 100 porsi dalam satu hari.
Manajemen SDM

  • Struktur Organisasi

  • Job Description
Pengelola / Owner
a.Melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan operasional.
b.Bertanggung jawab penuh terhadap semua yang berhubungan dengan restaurant.
c.Menerima kritik dan saran dari para pelanggan dan karyawan.

Manager Restaurant
a. Melaksanakan kebijakan manajemen restaurant.
b. Mengawasi/ mengontrol seluruh kegiatan operasional perusahaan.
c. Membina, membimbing, dan memotivasi karyawan-karyawan dalam perusahaan.
d.Memeriksa dan mengontrol laporan aktifitas sehari-hari perusahaan.
e. Menyusun dan merencanakan action Plan setiap bulannya.
f. Membina hubungan baik dengan Stakeholder ( Investor, Operator, Karyawan, Customer Restaurant ).
g.Menyusun rencana kerja ( jadwal kerja) sesuai tugas fungsional.
h.Mengevaluasi setiap kebijakan atau action plan yang telah ditetapkan.
i.Melaporkan dan mempertanggung jawabkan aktivitas perusahaan / Monthly Report kepada management Bumbu Desa yang akan dipertanggung jawabkan kepada Partner/ Investor.
j. Memantau, mengawasi segala bentuk kegiatan dan administrasi kepersonaliaan dan sumber daya manusia, baik secara teknis maupun ilmiah dan melaporkannya kepada Pengelola sebagai tindakan antisipatif / preventif.
k. Tidak segan-segan dalam mengeluarkan sanksi, baik dengan cara lisan/ peneguran langsung ( secara tegas ), peringatan tertulis ( SP1-SP3) kepada setiap karyawan yang terbukti melanggar tata tertib, peraturan, hukum dan perundangan yang berlakutermasuk pemutusan hubungan kerja dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan dari manager serta melaporkannya ke Pengelola.

Bagian Pengelola Keuangan
a. Menerima dan memeriksa transaksi setoran cashier.
b. Mengatur penarikan, setoran bank atas persetujuan Restaurant Manager.
c. Membuat daily Cash Flow ( Kas Harian ).
d. Input Data ( transaksi Bank ) ke sistem ( Myob ) .
e. Membuat laporan Credit Card, City Ledger .
f. Membuat Daily Sales Summary.
g. Input data Sales, Purchase, pengeluaran Petty Cash ke data Myob.
h. Melakukan survey pasar secara periodic, memantau kerja kasir.
i. Memeriksa atau mengontrol proses penerimaan barang dan pembelanjaan.

Bagian Kasir
a. Beres-beres Cashier.
b. Menerima transaksi pembayaran.
c. Mengambil dan menghitung modal.
d. Closing akhir, hitung modal kembali ( Setoran )
e. Melaporkan hasil semua transaksi kepada Bagian Pengelola Keuangan

Kepala Dapur
a.   Mengontrol makanan baik di display maupun yang di produksi.
b.  Mengontrol stok makanan dan menerima stok makanan dari bagian logistik
c.   Mampu mengandalikan biaya produk.
d.   Inovatif mengeluarkan produk-produk baru.
e.   Mengontrol Kebersihan dapur, mengontrol rasa makanan
f.   Mengecek makanan yang keluar dari dapur dengan teliti.
g.   Mengecek barang yang layak atau tidaknya di display.

Juru Masak
a.   Menyiapkan dan memasak pesanan dari konsumen
b.   Berkoordinasi dengan kepala dapur apabila ada produk baru
c.   Mengecek ketersediaan bahan makanan yang akan di masak
d.   Menjaga rasa masakan

Bagian Cook Helper
a.   Membantu juru masak untuk mempersiapkan bahan makanan
b.   Membantu juru masak untuk mempersiapkan pesanan pelanggan
c.   Menjaga kualitas makanan
d.   Mendisplay makanan pesanan pelanggan

Bagian Beverages
a.Cek minuman di display.
b.Menyiapkan minuman pesanan pelanggan.
c.Order minuman untuk display.
d.Mengecek ketersediaan bahan minuman.

Bagian Dish Washer
a.Butcher ikan-ikan, daging-dagingan serta bahan mentah lainnya.
b.Membersihkan peralatan dapur, keranjang  lalaban.
c.Mempersiapkan tempat cuci piring dan gelas untuk tamu.
d.Membuang sampah dan menyusun keranjang.
e.Membersihkan area dishwasher hingga bersih.
f.Bertanggung jawab atas pembuangan air di area dishwasher.

Bagian Kepala Pelayanan
a. Melakukan pengawasan yang menyangkut kepegawaian ( waktu kedatangan, istirahat, dan pulang ) dan peningkatan sumber daya manusia di lingkungan perusahaan yang sesuai dengan pedoman dan tata tertib.
b.  Menyiapkan bahan untuk penilaian setiap karyawan ( The Best Employee ).
c. Memiliki hubungan baik dengan sumber-sumber ketenagakerjaan dan pelatihan untuk kepentingan masalah-masalah kepegawaian dan peningkatan sumber daya manusia.
d. Membuat laporan bulanan absensi, lembur karyawan (situasional), serta mengisi daily check list yang kemudian melaporkannya.
e. Merencanakan dan melaksanakan pelatihan (training) sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran, atas persetujuan dari Manager ataupun keputusan dari ownner.
f.  Membuat / mengecek schedule security dan driver, serta mampu mengawasi kinerjanya.
g.  Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan makan karyawan serta prepared obat-obatan (P3K) bagi karyawan yang sakit.

Bagian Waitter / Waitress
a.Prepare lalaban, set up piring, lilin, dan tissue.
b.Cek semua peralatan makan, lalaban dan sambal.
c.Melayani tamu mulai mengantar pesanan tamu, order dan clear up.

Bagian Security
a.Control/ patroli ke area Restaurant per satu ( 1 ) jam sekali.
b.Mengatur area parkir atau keluar masuk mobil tamu.
c.Bertanggung jawab tentang semua yang bersangkutan dengan keamanan di sekitar restaurant.

Bagian Petugas Kolam
a.Menjaga kebersihan kolan dan pengairan kolam ikan
b.Menerima pesanan ikan dari konsumen yang ingin langsung memancing di kolam dan menimbang ikan.
c.Membersihkan ikan pesanan konsumen dan mengantarkannya ke dapur untuk di masak.

Bagian House Man
a.Bersih-bersih area mulai dari :
-      Membersihkan, Menyapu dan pel di dalam area restaurant.
-      Membersihkan hiasan dan dekorasi ruangan
-      Mencuci piring dan penyiapkan peralatan makan.
b.Membantu Waiter :
- Antar dan order
- Merapikan meja.

Bagian Kebersihan
a.  Menjaga kebersihan dan mengatur tanaman hias di taman.
b.  Menjaga keteraturan alat – alat kebersihan kebersihan.
c. Menjaga kebersihan toilet, membuang sampah dan menjaga kebersihan area luar restaurant.

Bagian Parkir
Mengatur parkir mobil – mobil tamu.

Bagian Logistik
Melakukan pembelian perlengkapan restaurant.
Melakukan pembelian / belanja bahan – bahan makanan.
Melaporkan pengeluaran dan berkoordinasi dengan bagian keuangan.

Bagian Driver
Membantu bagian logistik melakukan pengangkutan dan yang berhubungan dengan kegiatan yang membutuhkan pengangkutan.

Manajemen Pemasaran
·         Segmen Pasar
Mengingat harga bahan baku yang juga relative tidak murah, maka pasar yang akan menjadi segmentasi “BL” Resto sendiri adalah kalangan menengah dan menengah ke atas saja.
·         Target Pasar
Pangsa pasar yang menjadi sasaran atau target di “BL” Resto adalah masyarakat sekitar dan para wisatawan yang berlibur di daerah puncak. Resto kami tidak membatasi pelanggan dari segi umur, kami melayani semua lapisan usia. Dan bagi anak – anak yang mungkin kurang menyukai ikan, kami menyediakan menu yang dihias dengan kreasi atau bentuk – bentuk makanan yang dapat menggugah selera makan mereka, sehingga mereka menyukai produk olahan Bandeng restaurant kami.

·         Positioning
Usaha ini akan ditempatkan di Jl. Raya Puncak – Ciawi Bogor, sebab puncak merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Dengan arsitektur gubuk atau rumah bambu lesehan yang memiliki view hamparan kebun teh dan udara yang sejuk, sehingga membuat kesan nyaman untuk tempat berkumpul bersama teman, keluarga, maupun partner bisnis anda. 

·         Target Produksi
Dalam hal ini, “BL” Resto mempunyai rencana kapasitas dimana kami menentukan rencana kapasitas berdasarkan jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke restaurant kami. Pada hari pertama pembukaan, “BL” Resto menargetkan atau merencanakan jumlah pengunjung yang datang lebih dari 100 orang. Namun setelah hari pertama pembukaan, “BL” Resto akan meningkatkan target tersebut menjadi minimal 200 - 300 porsi/ hari.

·         Target Promosi
Promosi merupakan suatu sarana yang sangat penting dijalakan oleh suatu bidang usaha, tanpa promosi perkembangan usaha tidak akan berhasil. Promosi juga merupakan suatu sarana untuk menggambarkan keberadaan usaha tersebut dengan berbagai menu makanan yang ditawarkan. “BL” Resto akan melakukan promosi baik disekitar lokasi restaurant maupun di daerah lain dengan tujuan agar “BL” Resto dapat  dikenal oleh masyarakat luas.
“BL” Resto juga akan melakukan promosi ke berbagai lokasi dengan cara sebagai berikut: Periklanan (advertising), yaitu menyebarkan brosur, pemasangan iklan, surat kabar, internet, dan sebagainya.  Serta dengan memberikan discount pada event tertentu.

Manajemen Keuangan
·         Analisis biaya (per bulan)
Biaya renovasi dan setting tempat usaha :
1
Gazebo / saung
5
15.000.000
2
Kolam
2
50.000.000
3
Lain -lain
5.000.000
Total
70.000.000

Biaya peralatan yang diperkirakan :
1
Komputer
2
3.500.000
7.000.000
2
Mesin kasir komputer
2
1.000.000
2.000.000
3
Printer
2
500.000
1.000.000
4
Kipas angin
10
150.000
1.500.000
5
Televisi
5
2.000.000
10.000.000
6
Ac
2
1.500.000
3.000.000
7
Kulkas
3
3.000.000
9.000.000
8
Dispenser
3
150.000
450.000
9
Karpet
1.000.000
10
Tatami
20
500.000
10.000.000
11
Bantal duduk
50
15.000
750.000
12
Kursi makan
20
100.000
2.000.000
13
Kompor
4
600.000
2.400.000
14
Peralatan masak lengkap
10.000.000
15
Peralatan makan lengkap
5.000.000
16
Peralatan display makanan
10.000.000
17
Meja makan
3.000.000
18
Meja Kantor
4.000.000

Total
82.100.000

Biaya Gaji karyawan :
1
Manajer
3.000.000
2
Bag. Pengelola Keu
2.000.000
3
Bag. Kepala Dapur
2.000.000
4
Bag. Kepala Pelayanan
2.000.000
5
Logistik
2.000.000
6
Kasir
2
3.000.000
7
juru masak
5
4.500.000
8
cook helper
3
3.000.000
9
beverages
2
1.800.000
10
dish washer
800.000
11
waitter/''ess
5
4.250.000
12
Security
2
1.800.000
13
petugas kolam
2
1.400.000
14
Houseman
850.000
15
Kebersihan
700.000
16
Driver
600.000
17
Parkir
500.000
18
owner
3
15.000.000

Total
49.200.000

Perkiraan biaya produksi makanan :
1
Bandeng
6.000.000
2
Ayam
13.500.000
3
Kepiting
3.750.000
4
Udang
7.500.000
5
Sayuran + lalapan
15.000.000
6
Ikan mas
600.000
7
Ikan mujair
1.050.000
8
Ikan lele
450.000
9
Ikan nila
540.000
10
Ikan bawal
510.000
11
Bumbu dapur
3.000.000
12
Lain -lain
15.000.000
Total
66.900.000




Perkiraan biaya untuk mengurus Izin usaha :
Jenis Perizinan
Biaya (Rp)
1. Izin Prinsip (Dari Instasi Teknis)
   500.000
2. SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
1.000.000
3. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
1.000.000
4. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
   500.000
5. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
1.000.000
6. Akte Pendirian
   500.000
Total
4.500.000









Jadi, Perkiraan Biaya yang dikeluarkan untuk bulan pertama beroperasi :
1
Sewa Tanah dan bangunan
60.000.000
2
Renovasi dan Setting Tempat Usaha
70.000.000
3
Peralatan
82.100.000
4
Kendaraan
120.000.000
5
Gaji Karyawan
49.200.000
6
Biaya produksi makanan
66.900.000
7
Biaya perawatan
2.000.000
8
Biaya kebersihan
1.000.000
9
Listrik dan air
3.000.000
10
Telepon
1.000.000
11
Promosi, banner, pamflet
5.000.000
12
Izin usaha
4.500.000
13
Lain - lain
5.000.000
Total
469.700.000

 ·   Sumber Keuangan
Permodalan Awal
Pinjaman dari bank                                                                 Rp 300.000.000
Pinjaman dari pihak non bank                                                 Rp 100.000.000
Modal sendiri Patungan 3 orang (@ Rp 25.000.000)             Rp    75.000.000 +
Total..........................................................................              Rp  475.000.000

·   Proyeksi Keuntungan
Untuk bulan selanjutnya hanya di perkirakan biaya yang di keluarkan :
Tetap
Variabel
Sewa Tanah dan bangunan
60.000.000
-
Gaji Karyawan
-
49.200.000
Biaya produksi makanan
-
66.900.000
Biaya perawatan
2.000.000
-
Biaya kebersihan
-
1.000.000
Listrik dan air
-
3.000.000
Telepon
-
1.000.000
Lain - lain
5.000.000
-
Total
  67.000.000
           121.100.000

Dengan harga jual / porsi Rp 75.000
Perkiraan dapat balik modal jika diperkirakan 1 hari dapat menjual 100 porsi makanan
Sisa modal                                                                   =          Rp           5.300.000
Pendapatan 1 bulan     = 30 x 100 x Rp 75.000          =          Rp       225.000.000
Biaya bulan ke – 1                                                      =          Rp       469.700.000 -
                                                                                     –         Rp       239.400.000
Pendapatan Bulan ke – 2                                            =          Rp       225.000.000
                                                                                    –          Rp          14.400.000
Biaya bulan ke – 2                                                      =          Rp       188.100.000 -
                                                                                    –          Rp       202.500.000
Pendapatan Bulan ke – 3                                            =          Rp       225.000.000 -
                                                                                                Rp          22.500.000
Biaya bulan ke – 3                                                                  Rp       188.100.000 -
                                                                                    –          Rp       165.000.000
Pendapatan Bulan ke – 4                                                        Rp       225.000.000
                                                                                                Rp         60.000.000
Biaya bulan ke – 4                                                                  (Rp      188.100.000)
                                                                                     –         Rp       128.100.000
Pendapatan ke – 5                                                                   Rp       225.000.000
                                                                                                Rp         96.900.000
Biaya bulan ke – 5                                                                  Rp       128.100.000 -
                                                                                     –         Rp         31.200.000
Pendapatan bulan ke – 6                                                         Rp       225.000.000
                                                                                                Rp       193.800.000
Biaya bulan ke – 6                                                                  Rp       128.100.000 -
                                                                                                Rp          65.700.000
Jadi , usaha ini diperkirakan sudah dapat balik modal dan mendapatkan keuntungan di bulan ke – 6 dengan estimasi biaya dan pendapatan tetap sama.



Komentar

Postingan Populer