PENGALAMAN MENJAGA KOPERASI

Pengalaman pertamaku menjaga koperasi sangatlah menyenangkan walaupun pada awalnya aku sangatlah sungkan untuk melakukannnya. Ku fikir itu semua tak ada manfaat dan gunanya. Hanya membuat lelah saja, duduk seharian sambil menunggu dalam waktu yang lama.
Tapi dalam kenyataannya tidak sesederhana itu meskipun yang aku jaga hnayalah koperasi sekolah yang kecil dan hanya menjual dan menyediakanparalatan sekolah dan sedikit jajanan saja.

Didalam menjaga koperasi aku yang waktu itu juga turut menjaga koperasi dituntut untuk selalu bersikap ramah, teliti, dan cermat dalam mengelolanya. Bayangkan saja kami harus mencatat secara mendetail semua barang-brang yang masuk dan keluar. Dan kami dituntut untuk teliti untuk menghitng pemasukkan yang ada. Dan yang paling harus diperhatikan adalah pada saat menghitung jumlah harga barang yang dibeli oleh konsumen, lumayan juga untuk melatih kecepatan dalam menghitung, dan yang paling membuat sedikit keteteran adalah pada saat banyak orang yang mampir ke koperasi dan membeli barang dalam jumlah yang benyak.

Meskipun seperti pelayan toko, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba belajar menjaga dan mengelola koperasi. Dan yang paling penting dalam menjaga koperasi adalah sikap ramah yang harus selalu ditunjukkan kepada konsumen, meskipun terkadang ada konsumen yang bersikap kurang ramah dan cerewet menanyakan hampir semua harga barang.

Tapi itu semua wajar karena karakteristik orang yang satu dengan yang lain banyak yang berbeda. Dan kamipun dapat pelajaran baru untuk mengetahui karakteristik orang yang berbeda-beda.

Bila sudah menunjukkan pukul setengah lima sore kami bersiap untuk pulang karena tugas menjaga koperasi sudah selesai. Tapi sebelumnya semua pembukuan dan jumlah barang yang di catat harus susah sesuai dan koperasi sudah harus rapi kembali, dan barulah pekerjaan menjaga koperasi kami selesai.

Komentar

Postingan Populer